Sumber Jenon Tajinan, Wisata Alam di Malang Yang Kurang Dipelihara

sumber jenon malang


Sumber Jenon, wisata alam sumber air yang terletak di kawasan Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang ini baru saja saya kunjungi pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Sabtu, menjadi hari yang dielu-elukan banyak orang termasuk saya. Beruntung, saya bekerja dengan office hour yang berakhir di hari Jumat. Sabtu kali ini, saya jalan-jalan naik mobil ke salah satu wisata alam yang cuma sejam dari rumah. Yup, Sumber Jenon namanya.

Perjalanan dari Kota Malang ke Sumber Jenon ini terbilang lancar. Jalanannya enak, lumayan mulus, ada gronjalan waktu udah masuk ke desa, tapi ya nggak ada macet. Smooth. Sumber Jenon ini juga nggak susah dicari kok, kalau kamu tanya ke warga sekitar juga pasti ketemu. Wait, coba kamu googling dulu deh "Sumber Jenon" and look, fotonya bagus-bagus dan kayaknya kyot. Padahal,

sampai tulisan ini terbit honestly Sumber Jenon nggak se-waw itu. Sayang banget emang, Sumber Jenon bagi saya kurang dipelihara. Sampah berserakan sih nggak ya, tapi apa ya, ya pokoknya kalau dipoles dikiiit lagi aja, paling nggak dijadiin tempat wisata yang proper, mungkin Sumber Jenon udah terkenal. Eh tapi saya ke sana kebetulan pas barengan sama gerumbulan anak SMA yang officially lagi olahraga. They swim. Jadi ya lumayan rame. Hm kalau saya ambil kesimpulan sepihak, berarti ini sebenernya ya udah cukup terkenal meskipun cuma di kancah lokal.

sumber jenon malang


sumber jenon malang



Trus Cils, gimana rasanya renang di Sumber Jenon?
Pardon, kala itu saya lagi males renang jadi saya nggak renang, tapi saya tetep cobain airnya kok. Rasanya? Hwaaadeemm! Sumpah dingin banget. Airnya jernih, warnanya hijau kebiruan. Terus, di dalem airnya tuh ada fosil akar pohon menjalar gitu. Namanya Pohon Jenu. Jenu. Jenon. Mungkin gara-gara Pohon Jenu ini nama wisata ini jadi Sumber Jenon.

Anyway, wisata alam itu kayaknya di mana-mana nggak terlepas dari mitos ya. Ini saya sotoy banget kalau mau ngomongin mitos, tapi nggak apa saya bahas sedikit biar tulisan ini lebih berkualitas ya. Jadi tuh emang saya ngelihat sendiri ada ikan di dalem kolam Sumber Jenon. Barusan googling namanya Ikan Sengkaring. Warnanya hitam dan cuma ada di bagian air kolam yang warnanya lebih ke biru. Mitosnya, ikan ini dari zaman dulu sampai sekarang jumlahnya tetep 37 meskipun udah sering dipancing sama warga. Mitosnya lagi, air di Sumber Jenon punya kesaktian yang mana kalau kamu renang di situ, segala penyakit bisa otomatis sembuh. Tapi mitos lain juga bilang kalau sebenernya nggak boleh renang di Sumber Jenon. Idk why, semua pemikiran ini agak khayal bagi saya, tapi ya udahlah ya namanya juga mitos.

Enough ngomongin mitosnya. Eh btw, ini kali pertama saya bikin tulisan dengan label "Wanderlust". Saya nggak ada kepikiran bakal nulis waktu saya mau pergi ke sana. Nggak ada persiapan sebenernya. Kamera lagi dipinjem, so all photos were taken with Xiaomi Redmi 3. Anggep aja ini latihan sebelum nantinya saya diberi kesempatan buat sering-sering nulis beginian dan paid yah. Ehehe. Ngarep. Namanya juga usaha.

sumber jenon malang

Hmmm, that's all review dari saya tentang Sumber Jenon. Kalau mau cobain renang ya monggo pokoknya hati-hati aja. Pastikan kamu bisa renang soalnya kolam Sumber Jenon tuh dalem banget lho. Ya meskipun nggak sedalem cintaku padamu tapi ya pokoknya kolamnya dalem. Berapa meternya saya nggak ukur. Ada yang bilang 4 meter ada yang bilang sampe 16 meter. Gitu. Sekian. Happy weekend semoga happy terus yaa, Kamu!❤

❣❣❣

Btw anw busway, Alhamdulillah Desember 2017 saya udah keturutan bikin artikel tentang traveling dan inshaAllah paid. You've to read it first project here. Gimme a feedbacks! Karena saya masih bener-bener amatir nulis tentang traveling, dan itu tuh 900 kata lho. Alhamdulillah accepted and posted. Can't wait to any other challenges in the next 2018!

No comments:

Post a Comment