You Get, What You Give

danbo


Aku mau nulis. Kali ini lumayan panjang.
Gini, sebenernya aku udah nyadar sejak lama, udah kerasa juga.
Tapi nggak tau kenapa seolah masih mau-maunya dikibuli ego.
Mm, seseorang pernah bilang sama aku,

Apapun yang terjadi sama kita itu ya ulah kita sendiri.

Aku percaya, you get what you give, sing nandur bakal ngunduh.
Dan sialnya baru-baru ini aku sadari kalau ternyata, yang kita dapatkan itu bisa berkali-kali lipat lebih banyak dari apa yang telah kita lakukan.
Misalnya nih aku dikhianati, sadar atau enggak berarti aku juga pernah mengkhianati.
Mungkin kalau kasusnya yang negatif-negatif gini kita bakal defense, ah enggak deh, ah enggak ah, dan semacamnya.
Tapi ya, nggak perlu diperjelas karena sejatinya kita cuma bisa jujur ke diri sendiri.
Itu satu.

Terus, makin ke sini makin sadar kalau jodoh itu cerminan kita.
Misal lagi, kalau aku A, dia pasti suatu saat bakal A, bahkan bisa aja A++.
Aku tau rasanya A nggak enak, jadi aku nggak bakal gitu.
Sadly, nggak sesimpel itu juga. Kita bisa jadi udah berhati-hati, nggak ngelakuin apa yang nggak kita pengin terjadi pada kita.
Tapi who knows? Mungkin kesalahan kita yang lain membawa kita pada sesuatu yang “padahal aku nggak pernah gini kok aku diginiin”.
Balik lagi, inget-inget lagi, ungkit-ungkit lagi kesalahan apa yang pernah kita lakukan.

Next, yang ini aku belum tau bener apa enggak.
Apa yang kita lakukan, balesannya tuh bisa ke orang yang kita sayang.
Ya, kita yang melakukan, tapi orang yang kita sayang yang kena dampaknya.
Kalau positif sih enak.
Kalau negatif? Ya, ya gimana ya, ya bahaya sih.
Jadi, selagi masih sayang sama orang-orang yang disayangi, ya sebaiknya nggak melakukan hal-hal yang kita nggak pengin orang yang kita sayang kena dampaknya.
And also, kita nggak boleh terlalu berharap sama manusia di samping kita sendiri pun manusia yang seolah udah mutlak punya harapan ke manusia lainnya.

Seenggaknya sadar sih, sadar dulu, nanti perilaku dan pola pikir ngikutin.
Gitu. Sih. Duh panjang ya. Maaf sih. 

❣❣❣

Malang, 8 Maret 2017. Has been posted at Medium before.

No comments:

Post a Comment