Apartemen Berkonsep TOD, Jaminan Mobilitas Anti Macet

TOD

November, 20 2017
Meningkatnya volume kendaraan di kota-kota besar termasuk Ibukota membuat pemerintah mengusung sebuah konsep pengembangan kota yang dinamakan Transit Orienteed Development (TOD). TOD adalah sistem tata kota yang sedang dijalankan di Jakarta, yang sebelumnya telah menjadi tren di kota besar di berbagai belahan dunia lainnya. Buat kamu yang belum paham banget, bersyukurlah nemu tulisan ini karena saya akan coba jelaskan sedikit yang saya tahu tentang TOD.

Transit Oriented Development (TOD) adalah...
the exciting fast growing trend in creating vibrant, livable, sustainable communities. It's the creation of compact, walkable, pedestrian-oriented, mixed-use communities centered around high quality train systems. This makes it possible to live a lower-stress life without complete dependence on a car for mobility and survival. TOD is regional planning, city revitalization, suburban renewal, and walkable neighborhoods combined. Intinya adalah kawasan transit terpadu yang akan memudahkanmu buat bermobilisasi dan mengindahkan tata letak kota.

Apa istimewanya TOD?
benefit TOD
via tod.org

Apartemen berkonsep TOD, jaminan mobilitas anti macet
Pembangunan kawasan berkonsep TOD disebut-sebut sebagai solusi kota layak huni. Diduga akan mengurai kemacetan dan penghuninya diprediksi akan mulai meninggalkan penggunaan kendaraan pribadi hingga 85%. Tentang ini, saya baca dari Kompas.comInstead of that, apartemen berkonsep TOD berprinsip memadatkan, dapat mengurangi polusi, terkoneksi dengan jaringan jalan dan trotoar, berbaur dengan fasilitas umum seperti area tempat kerja, fasilitas kesehatan, pendidikan, hingga pusat perbelanjaan. 

H Residence At Soetta, terintegrasi dengan TOD
H Residence At Soetta adalah contoh apartemen berkonsep TOD. Tersedia jalur moda transportasi KRL, dekat dengan stasiun kereta, sehingga bisa memperpendek waktu perjalanan. Penataan parkir yang oke, dekat dengan fasilitas umum, area pedestrian yang nyaman, arsitektur human-scale, pokoknya bener-bener tempat tinggal yang multiguna. Tentunya, apartemen ini sudah memenuhi kriteria yang diwajibkan untuk mendeklarasikan diri sebagai apartemen berkonsep TOD.

Tertarik memilikinya? Baca selengkapnya di sini >>

featured images via propertyandthecity.com

No comments:

Post a Comment