Hidup Sehat Berawal dari Rumah yang Sehat

rumah-sehat-hidup-sehat

November, 27 2017
Hidup sehat sejatinya harus didukung sama banyak faktor. Mulai dari makanan, pikiran, dan yang nggak kalah penting adalah lingkungan. Saya bakal mengerucut ke lingkungan. Lingkungan pertama yang kita miliki saat hidup di dunia, wehehe, yang terdekat, yang selalu kita rindukan, a.k.a home. Rumah adalah awal dari hidup sehat.

Rumah emang bisa macem-macem bentuk dan ukurannya, tapi yang paling penting adalah kebersihannya. Saya seneng banget kalau berkunjung ke rumah orang dan melihatnya bersih. Entah karena saya orangnya agak bawel kalau lihat yang dekil atau emang rumah bersih itu bikin nyaman.

Lemme give you some sotoy tips, cara memelihara rumah biar bersih dan sehat:

1. Hiasi dengan taman, tanaman, bunga, atau tumbuhan rumahan
Mau rumah kamu besar atau kecil, kalau ada tanaman yang kamu tumbuhkan di sekitarnya pasti mendukung rumah itu tampak lebih hidup, lebih sehat, lebih segar, lebih cantik. Pilih tanaman yang sesuai dengan rumah ya, maksudnya kalau rumah kamu bisanya cuma dikasih tanaman yang tahan panas ya berarti jangan pilih tanaman yang nggak tahan panas. Kurang lebih gitu sih.

2. Segarkan dengan sirkulasi udara yang cukup
Tahu kan yang namanya ventilasi udara? Yuhu, ini penting buat menghindarkan rumahmu dari kondisi lembab dan pengap. Sumpek pasti ya kalau nggak ada udara seger yang masuk rumah. So, jangan sampai.

3. Sistem pembuangan sampah yang bagus
Kalau dipikir-pikir, mustahil kita nggak nyampah dalam satu hari. Memiliki rumah dengan sistem pembuangan sampah yang udah bagus dan teratur adalah koentji. Jangan sampai sampah menumpuk di dalem rumah, yang ada itu malah jadi sarang kuman dan penyakit.

4. Bebas dari kenangan genangan
Hm, jangan baper. Rumah sebaiknya bebas dari genangan air karena biasanya nyamuk dan hewan kotor lainnya suka sama genangan air. Hindari deh, kalau ada bagian yang memungkinkan ada genangan air, segera benahi.

5. Keep it up, bersih dan rapikan secara rutin
Sengaja saya tulis terakhir soalnya sepele banget tapi penting. Bersihin! Kebus-kebus, nyapu, ngepel, siram-siram latar, ngelap-ngelap barang yang udah berdebu, et cetera. Keep it clean and healthy, karena hidup sehat dimuali dari rumah yang sehat.

Standar ya? Ya namanya juga usaha, ini juga sekalian buat diri saya sendiri kok kalau someday udah punya rumah sendiri. Anyway, saya ada rekomendasi nih. H City Sawangan adalah kawasan perumahan yang sehat dengan sistem kebersihan yang terjamin. Kalau kamu pengin punya rumah di daerah Depok, buruan booking di H City Sawangan ya!

No comments:

Post a Comment