Sudah 2018, Sudah Nabung Buat DP Hunian Belum?

menabung untuk DP hunian


January, 12 2018
Slap! Seolah menampar pipi sendiri nih bikin postingan ginian. Nabung buat DP hunian. Menariq. Masalahnya, nanti bakal menghuni sama siapa ya? Penghuni hati aja belum punya. Eh. Lho? 

Nggak nggak, saya nggak bakal curhat asmara di sini. Saya justru malah mau ngasih tips sotoy yang barangkali bisa useful kalau kamu praktikkan. Tentang menabung buat DP hunian. Diantara kamu, nabung buat apa sih yang udah jadi resolusi 2018-mu? Buat DP hunian? Buat S2/S3/S-teler? Atau buat menikahi saya? Hehe

Sudah 2018, Sudah Nabung Buat DP Hunian Belum?

Meskipun kelihatannya masih di awang-awang, menabung DP hunian juga nggak ada salahnya kalau dimulai dari sekarang lho. Saya pernah baca artikel kalau gaji 3jt/mo aja juga sebenernya udah bisa punya tabungan khusus buat DP hunian. The problem is, seberapa siapnya kita buat menabung. Bukan seberapa mampu, kalau pekara mampu, inshAllah Allah akan selalu mencukupi kita, jadi sebenernya ya pasti mampunya.

Errr.. saya sotoy ya?
Let's dig in. Ini tips biar kamu bisa nabung buat DP hunian.

1. Mau hunian di mana? Tentukan!

Menentukan target hunian adalah hal pertama yang harus dilakukan. Dengan ini, kamu bisa mengira-ngira mau save berapa, mau punya berapa duit buat DP dan seberapa lama itu bisa tercapai. Kalau saya sih, di mana aja asal sama kamu. Iya, kamu.

2. Kencangkan sabuk buat pengeluaran tersier

PR kita sebagai generasi milenial nih. Beberapa orang cuma bisa hemat di kebutuhan primer dan sekunder aja. Sementara untuk kebutuhan tersier, kaga bisa ngerem. Hm, kok rasa-rasanya saya sedang membicarakan diri sendiri ya?
Intinya, kalau mau menabung buat DP hunian, cobalah buat lebih menekan lagi pengeluaran yang nggak perlu. Dulukan yang memang urgent dan penting. Biar enak nabungnya.

3. Menabung itu mutlak!

Seruan ini sebenernya udah ditanamkan ke diri kita sejak kecil. Taruhan kalau saya salah, waktu kecil kamu pasti punya celengan yang lucu-lucu kan? Nah itu indikasinya kalau sejak kecil pasti kita udah dibiasakan buat menabung. Udah 2018, seharusnya kebiasaan ini jangan dihilangkan, justru semakin dibiasakan lagi, syukur-syukur kalau buat DP hunian.

Trus, apa lagi ya? Hmmm itu aja kali ya.
It's not about how much money you make, it's how you save it. Maka demi masa depan yang lebih cerah, menabunglah.

featured images via briantracy.com

No comments:

Post a Comment