Tips Menjual Rumah yang Masih KPR

jual rumah KPR
Rumah adalah tempat berpulang dan tinggal; biasanya sebuah bangunan beratap, tapi kadang berupa seseorang.
Nggak nggak, saya nggak mau menye-menye membicarakan orang yang saya anggap rumah. Sesuai judul, saya mau kasih kamu tips jitu menjual rumah yang masih KPR. Rumah yang masih KPR adalah rumah yang masih kredit, belum lunas, masih dalam masa-masa pelunasan. Namun, beberapa orang—mungkin termasuk kamu—punya alasan untuk tetiba ingin menjual rumahnya padahal belum juga dimiliki sepenuhnya.

Alasannya macam-macam sih, ada yang karena baru ngerasa kalau nggak sreg, ada yang udah mau pindah ke luar kota, atau ada juga sih yang kepepet ekonomi. Apapun itu, semoga alasanmu ngejual rumah KPR bukan yang terakhir ya. Let's dig in!

Tips Menjual Rumah yang Masih KPR

1. Hitung Sisa Tagihan dan Lunasi Lebih Awal

Sebagai pemilik rumah yang masih KPR berarti kamu masih punya tanggungjawab cicilan. Sebelum pindah tangan pun, kamu harus melunasinya. Ini tentu bakalan denda sih, tapi jumlahnya nggak lebih tinggi dibanding sisa pinjaman kalau cicilan normal sesuai tenor awal. Jadi, hitung dulu aja sisa tagihan kredit di bank dan segera lunasi.

2. Survei Harga Rumah Saat Ini

Survei dan teliti harga jual rumah yang setipe dengan rumahmu di pasaran. Soalnya pasti naiknya, tapi pertimbangkan juga kondisi rumahmu. Kemudian, sesuaikan strategi harga jual dengan harga pasar.

3. Jelaskan Status Rumah

It must be clear. Gampang aja sih, ya bilang aja kalau ini masih terikat cicilan KPR. Biar apa? Ya, biar enak aja, gitu.

4. Jual dengan Over Kredit

Over kredit, cara terlazim dalam jual beli properti. Ada yang mengambil alih KPR di bank yang sama atau pindah kredit ke bank lain dengan debitur yang beda. Monggo, sak kerso.

Doa saya semoga ketika kamu beli rumah nggak ada rencana buat menjualnya di masa-masa sebelum habis masa tenor ya. Hmm tapi ya who knows sih ya, kalaupun harus menjual rumah yang masih KPR semoga tips sotoy dari saya ini bermanfaat buat kamu.

Btw, sudah nemu seseorang yang dianggap rumah belum?

featured images via rumah.com

No comments:

Post a Comment